KANTOR BARU : SEMANGAT BARU BAGI STAF DAN KLIEN

Author: Alif Khoirunnisa, S.Sos – HR Consultant (PT Magnet Solusi Integra)

Desain perkantoran mengalami perkembangan signifikan di era modern ini. Awalnya perkantoran tersusun terkotak-kotak dengan sekat antar pegawai. Namun kini kantor baru lebih mengedepankan konsep open-space dan gaya casual.

Penelitian menunjukkan bahwa kondisi kantor berpengaruh besar terhadap staf. Desain kantor yang baik juga akan meningkatkan semangat staf dan juga pelayanan terhadap klien/pelanggan.

Semangat inilah yang diberikan MSI Consulting  kepada staf dan kliennya. Dengan harapan dapat membangun ekosistem kerja yang produktif dan memberikan layanan prima terhadap klien.

MANFAAT PINDAH KANTOR BARU BAGI STAF DAN KLIEN

Awal bulan Juli 2022 ini, Magnet Solusi Integra (msi Consulting) menempati kantor baru di Kompleks Section One SIER Blok F-15, Jalan Rungkut Industri Raya No.1, Surabaya. Kepindahan ini sejalan dengan visi dan misi yang ingin menjadi partner terpercaya dalam meningkatkan nilai tambah SDM dan bisnis perusahaan.

Perubahan kantor ini juga mempertimbangkan konsep dan desain perkantoran modern. Sehingga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi staf maupun klien, seperti :

1.   Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Modern female writing in notepad Free Photo

Berdasarkan penelitian, kondisi lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap performa dan produktivitas staf. Forbes juga menunjukkan bahwa 93% staf akan lebih betah dan mampu menunjukkan kinerja maksimalnya jika kantornya nyaman.

Kantor baru MSI Consulting memiliki desain kantor terbuka, ruang khusus pelatihan, dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Kondisi tersebut mewakili kriteria well building standart, sehingga harapannya staf bisa menunjukkan kinerja optimalnya.

2.   Menjaga Kesehatan Staf

Millennial group of young businesspeople asia businessman and businesswoman celebrate giving five after dealing feeling happy and signing contract or agreement at meeting room in small modern office. Free Photo

Berdasarkan ulasan CDC (Centers for Disease Control and Prevention) lingkungan kerja yang sehat mampu meningkatkan produktivitas. Staf tidak sering mengajukan libur untuk berobat dan tentunya staf yang sehat juga bisa menularkan semangat positif bagi lingkungan sekitarnya.

Lingkungan kerja yang sehat tidak hanya sebatas desain kantor secara fisik yang mumpuni, seperti tersedia P3K, ventilasi baik, dan mematuhi protokol kesehatan. Namun juga membangun relasi kantor yang sehat. Hal ini karena kesehatan mental staf juga berpengaruh besar terhadap produktivitas.

Melalui kantor baru, MSI berusaha membangun keseimbangan kesehatan fisik dan mental stafnya. MSI Consulting menyediakan ruang yang lebih luas, menambah fasilitas, dan membangun solidaritas. Sehingga harapannya bisa lebih produktif dan mampu memberikan layanan prima kepada klien.

3.   Membuka Ruang Lebih Lebar untuk kolaborasi

Closeup of diverse people joining their hands Free Photo

Penelitian di Stanford menunjukkan bahwa kolaborasi mampu meningkatkan produktivitas hingga 50% kolaborasi ternyata tidak hanya mampu mempercepat proses penyelesaian tugas, tetapi juga mampu meningkatkan motivasi dan hubungan baik antar staf.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kolaborasi antar staf, seperti bekerja dalam sebuah project bersama atau melalui penataan kantor. Penataan konsep open-office di kantor baru MSI adalah salah satu bentuk membuka ruang kolaborasi antar staf.

Melalui konsep ruang terbuka, staf jadi lebih mudah untuk berkomunikasi, berbagi ide, dan menyelesaikan tugas bersama. Hal ini diharapkan mampu mempererat hubungan baik antar staf dan meningkatkan solidaritas. Sehingga apapun tantangannya, MSI Consulting bisa memberikan layanan terbaik bagi klien.

4.   Memberikan Ruang Privat yang Memadai

A working table located by the window 3d render large windows look out to see the city view Premium Photo

Kesehatan mental menjadi isu yang sedang sensitif dan ramai dibicarakan. WHO (World Health Organization) juga menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mental staf di dalam lingkungan kantor. Hal ini karena menurut WHO, lebih dari 264 juta staf mengalami depresi, karena kondisi kantor yang kurang mendukung.

MSI Consulting juga sangat memperhatikan hal ini, salah satunya melalui implementasi tata ruang kantor dan budaya kantor. Melalui kantor baru, MSI memberikan ruang privat yang lebih baik bagi staf. Selain itu juga mengedepankan solidaritas dan kerja sama antar staf.

Dengan adanya budaya tersebut, harapannya mampu terjalin hubungan baik antar staf dan mendukung tumbuh kembang staf. Sehingga kami juga bisa memberikan pelayanan prima bagi klien.

Mensyukuri kantor baru, MSI Consulting memiliki harapan besar untuk bisa meningkatkan semangat baru bagi staf dan pelayanan yang lebih prima bagi klien. Dengan demikian akan  meraih visi dan misinya untuk menjadi partner terpercaya dalam meningkatkan nilai tambah SDM dan bisnis perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *