Kelebihan Tes Psikologi Online untuk Rekrutmen / Maping Karyawan

freepik.com

Authors :

member

Lukcy Rumondang Simanungkalit, S.Psi

HR Consultant


Tes psikologi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi pada diri seseorang. Potensi tersebut dapat berupa gambaran kepribadian, sikap kerja, kondisi emosional, minat, dan kemampuan seseorang. Hasil tes psikologi biasanya digunakan untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam proses mapping. Tes psikologi sendiri telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Pada perkembangannya di Era Modern sekitar tahun 1905, Alfred Binet dan Theodore Simon mempublikasikan skala kecerdasan yang saat itu digunakan untuk mengelompokkan para siswa di sekolah-sekolah yang ada di Paris (R. J. Gregory,2004). Sejak saat itu, semakin banyak tes psikologi yang disusun sedemikian rupa untuk bisa menggali aspek-aspek tertentu dari dalam diri seseorang.

Saat ini tes psikologi sendiri banyak digunakan untuk kegiatan seleksi, baik untuk tujuan menyaring orang-orang yang sesuai dengan kriteria, maupun untuk tujuan pemetaan sumber daya manusia. Pada dunia kerja sendiri, tes psikologi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk proses rekrutmen-seleksi serta sebagai acuan dalam melakukan pemetaan karyawan. Meskipun tidak sepenuhnya menjadi penentu, hasil tes psikologi masih diyakini menjadi salah satu referensi untuk mendapatkan “Right Man on The Right Place”.

Seiring dengan perkembangan zaman, tes psikologi juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan di Era Digital ini. Tes psikologi yang tadinya dilaksanakan secara konvensional dan tatap muka, saat ini telah banyak dimodifikasi menjadi tes psikologi online. Pandemi Covid-19 juga turut berkontribusi dalam perkembangan tes psikologi. Pembatasan kegiatan tatap muka membuat tes psikologi online menjadi alternatif agar kegiatan rekrutmen dan seleksi dapat tetap dilaksanakan. Modifikasi tes psikologi konvensional menjadi tes psikologi online tentu saja dibangun dengan memperhatikan norma dan tetap menjaga validitas dan reliabilitas dari alat tes yang digunakan.

Tes psikologi online sendiri memiliki banyak kelebihan yang memudahkan proses rekrutmen dan seleksi. Mulai dari pelaksanaannya yang fleksibel, yaitu dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, hingga proses pengolahan hasil tes yang menjadi lebih efisien. Selain itu, penggunaan kertas dapat dikurangi, biaya untuk tenaga pelaksana tes dapat dihemat, serta waktu skoring yang menjadi lebih cepat.

Seiring dengan kecanggihan teknologi saat ini, tes psikologi online dapat dikemas menjadi lebih user friendly sehingga pada pelaksanannya semakin mudah digunakan dan untuk diakses oleh para peserta tes. Bahkan, tes Psikologi online dapat tetap terlaksana tanpa harus diawasi oleh recruiter atau assessor karena terdapat kamera pengawas pada gadget maupun PC yang digunakan para peserta tes. Hasil tes psikologi online juga dapat diperoleh dalam waktu yang singkat dan komprehensif, dimana biasanya para recruiter atau assessor membutuhkan waktu untuk menghasilkan laporan analisa yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan (Naglieri, et al., 2004).

Keuntungan-keuntungan diatas telah cukup untuk menjadikan tes psikologi online sebagai alternatif yang tepat untuk efisiensi pada proses rekrutmen dan seleksi ataupun kegiatan talent mapping karyawan. Tes psikologi online merupakan tes yang fleksibel dilakukan dimanapun dan kapanpun, dapat diakses secara individu maupun klasikal, menghemat biaya, waktu serta energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.