Knowledge Management Masterclass

Kami akan membantu proses pengembangan KM dan memberikan nilai tambah dan mendukung kemajuan perusahaan

Latar Belakang

Knowledge adalah hal yang wajib dipenuhi dan dikelola secara tepat dan efisien bagi sebuah organisasi. Pengelolaan knowledge yang tidak tepat mengakibatkan tidak meratanya distribusi knowledge, pengambilan keputusan kurang tajam karena data kurang valid, dan yang paling parah adalah knowledge drainage.

Knowledge Management atau pengelolaan pengetahuan merupakan sebuah cara untuk meng-capute dan mengelola knowledge yang dimiliki oleh setiap individu dalam organisasi secara terpusat, kemudian knowledge  tersebut dapat disebarluaskan kepada karyawan dalam organisasi sehingga memberikan value added bagi kemajuan organisasi.

Beberapa manfaat yang akan didapat jika memiliki Knowledge Management di antaranya : membantu organisasi untuk mengambil keputusan di masa sekarang maupun di masa mendatang; meningkatkan efisiensi cara kerja dan proses; mengehemat biaya dan waktu; serta membantu organisasi berinovasi dalam produk maupun jasa dengan mempelajari data customer dan penjualan yang terstruktur.

Tujuan Pelatihan

Peserta dapat memahami secara utuh implementasi Knowledge Management yang efektif

Peserta dapat menerapkan ilmu dari pelatihan untuk mengoptimalkan Knowledge Management di Perusahaan

Peserta dapat memecahkan masalah Knowledge Management yang terjadi di Perusahaan

Metode Pelatihan

Pelatihan dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom. Untuk mendapatan pengalaman dan hasil belajar secara maksimal, proses pembelajaran didesain dengan memadukan teori dan praktek. Dibawakan secara interaktif sehingga bisa lebih menarik dan membantu pemahaman terhadap materi ke peserta secara maksimal.

Presentasi

Yaitu kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan cara menjelaskan dan mengajarkan teori, konsep, benchmark mengenai materi yang terkait. Materi dan pengajaran diberikan dalam format bahasa Indonesia.

Diskusi

Yaitu kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan cara melakukan diskusi kelompok, “brainstorming” & sharing“ sehingga setiap peserta mampu dan mempunyai kesempatan untuk mengemukakan ide / pendapatnya tanpa harus merasa terhambat dengan peserta lain yang lebih dominan.

Praktek & Studi Kasus

Peserta melakukan praktek atas studi kasus yang relevan dengan materi dan kondisi Perusahaan, Tutor memberikan review dan feedback kepada peserta.

Waktu Pelaksanaan & Silabus Pelatihan

Training dilakukan online via Zoom setiap hari Sabtu dan Minggu (total 4x pertemuan). Waktu pelaksanaan training pukul 08.30 – 16.30 WIB (Klik jadwal pertemuan untuk melihat detail silabus materi)

  • Fasilitator akan melakukan penilaian terhadap keaktifan dan penugasan peserta. Hasil penilaian secara berkala akan diumumkan selama masa pelatihan. Nilai akhir dan peringkat peserta akan diumumkan maksimal 3 hari kerja setelah pelatihan berakhir.
  • Bagi 3 peserta dengan nilai akhir paling tinggi akan mendapatkan reward berupa sejumlah uang, buku 5W1H in KM, dan konsultasi gratis dari tim konsultan sebanyak 3 kali @2 jam

Fasilitator

Ir. Sapta Putra Yadi, MHRM

Principal Consultant, Knoco Indonesia

M. IQBAL FAJAR

Senior Consultant , Knoco Indonesia

Knowledge Management di Perusahaan Sudah Berfungsi Optimal?