Mengelola Psychological Well Being Karyawan

Pada saat era covid-19, banyak orang yang lebih mengedepankan kesejahteraan psikologis. Karena pada waktu itu banyak orang yang tidak bisa melakukan kegiatan diluar untuk pergi ke kantor. Sehingga karyawan bekerja dari rumah, dan pekerjaan tidak dapat berjalan dengan lancar. Setelah kondisi covid-19 sudah berlalu ternyata hal itu masih banyak diperbincangkan. Banyak isu-isu yang terdengar seperti inclusi, persamaan gender, dll.

Apa yang Dimaksud dengan Psychological Well Being?

Psychological well being merupakan sebuah kondisi psikologis dimana seseorang itu dapat menerima dirinya. Mempunyai kemampuan yang baik untuk menjalin relasi dengan orang lain, mengatasi lingkungan, mempunyai personal goal yang baik, dan pengembangan diri yang baik.

Manfaat Psychological Well Being terhadap Perusahaan

Dalam sebuah pekerjaan pasti terdapat banyak tekanan bisnis yang berat dan juga tekanan pekerjaan. Dengan psychological well being yang baik seseorang dapat mengatasi masalah tersebut, dan merubah masalah negative menjadi positif. Komunikasi secara tatap muka juga sangat penting karena dapat mengetahui karakteristik dari seseorang dan bicara pun menjadi sangat nyaman, dan mudah dimengerti.

Manfaat psychological well being pada perusahaan yaitu, membuat karyawan pada perusahaan menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu potensi dari karyawan juga dapat berkembang. Kontribusi performa karyawan yang lebih baik berpengaruh pada perusahaan, karena dapat mencapai proses tujuan atau bisnisĀ  yang ada pada perusahaan. Karyawan yang memiliki psychological well being yang baik, inovatif dan kreatif berpengaruh terhadap lingkungan. Karena karyawan tersebut dapat menjadi contoh untuk rekan kerjanya yang ada pada perusahaan dan produktivitas karyawan juga akan lebih meningkat.

Mengenal Kesejahteraan Psikologis

Kesejahteraan psikologis dapat dilakukan oleh diri sendiri dengan adanya dukungan dari lingkungan. Hal itu membuat psychological well being dapat berkembang. Kesejahteraan psikologis dilakukan dengan cara yang happy, enjoy, dan bahagia. Kesejahteraan psikologis sangat penting bagi perusahaan karena dapat bermanfaat untuk perusahaan.

Psychological well being membuat seseorang menjadi mampu menerima diri sendiri. Sehingga perusahaan atau organisasi dapat menentukan posisi yang sesuai dengan karakter, potensi dan kemampuan yang dimiliki. Selain itu psychological well being ini juga dapat menjadikan seseorang untuk mandiri, dapat mengatasi dan mencapai tantangan yang ada.

Cara Mengatasi Gangguan Psikoligis pada Karyawan

Banyak permasalahan pribadi yang dialami oleh karyawan. Hal itu dapat mempengaruhi produktivitas karyawan dalam bekerja, mengganggu kinerja yang ada pada karyawan, dan produktivitas perusahaan juga bisa menurun. Oleh karena itu dalam setiap perusahaan perlu adanya psikologis untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada pada karyawan. Benefit yang didapatkan oleh karyawan juga dapat berpengaruh terhadap psychological pada karyawan, tetapi materi bukan satu-satunya kesejahteraan yang ada pada karyawan. Kesejahteran karyawan yang lain seperti adanya :

  1. Pengembangan potensi karyawan yang diakui oleh Perusahaan.
  2. Memfasilitasi perkembangan atau menggali potensi pada karyawan.
  3. Olahraga juga dapat membantu dalam pengembangan psychological well being pada karyawan. Contohnya perusahaan mengadakan olahraga bersama setiap satu minggu sekali, membuat karyawan lebih akrab dengan yang lainnya. Hal itu berpengaruh pada saat kerja, karyawan menjadi lebih happy dan mengenal satu sama lain.

Cara mengevaluasi welding karyawan yang dikaitkan dengan efektivitas pencapaian kinerja yaitu dengan cara mensurvei performa tahunan kinerja karyawan dan mencari tahu penyebab turunnya kinerja karyawan. Lalu perusahaan menindak lanjuti permasalahan tersebut agar kinerja karyawan tersebut dapat berjalan stabil dan meningkat. Secara psikologis jika karyawan merasakan kesejahteraan, karyawan tersebut akan bekerja secara optimal.