Mengenal lebih tentang DATA SCIENCE

MSI-Consulting melakukan wawancara kepada : Tan Wijaya (President Director PT IBM Indonesia) Data science adalah salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Saat ini, ilmu yang satu ini mulai menjelma menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan. Menariknya lagi, data science atau ilmu data ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya.

Lalu apa sebenarnya data science itu? Dan apa saja yang akan kita pelajari dalam ilmu data tersebut? Secara umum data science adalah penggalian atau bisa juga disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa data science merupakan suatu hal yang dipekerjakan dan banyak pula perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan ini.

Untuk mereka yang bekerja dalam bidang data science ini kerap disebut sebagai seorang data analyst atau data scientist. Bukan rahasia lagi jika pekerjaan di bidang data science adalah sesuatu yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama pun masih belum membuka jurusan khusus untuk mencetak orang-orang hebat di bidang ini. Padahal skill di data science ini sangatlah menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.