Pentingnya Knowledge Management untuk MRT Jakarta

Novianingtyastuti MSI-Consulting melakukan wawancara kepada : Ratih Mayasari (Corporate Strategy and Planning Division Head at PT. MRT Jakarta)

Knowledge Management sangat penting bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut bisa berkembang pesat. Knowledge management berfungsi sebagai pendekatan yang terencana dan juga sistematis agar menjamin penerapan pengetahuan organisasi yang baik. Sekaligus meningkatkan gagasan, inovasi, pemikiran, kompetensi dan keahlian.
Dengan begitu organisasi bisa berjalan lebih terarah, efektif dan efisien. Apa saja sebenarnya manfaat dari penerapan manajemen pengetahuan dalam sebuah organisasi atau perusahaan?

• Menciptakan pengambilan keputusan yang lebih tepat

• Meningkatkan layanan pada pelanggan

• Meningkatkan efisiensi pada proses dan cara kerja

• Menambah jumlah jasa atau produk

• Menghemat kebutuhan biaya dan waktu

• Meningkatkan aset pengetahuan

• Meningkatkan kemampuan beradaptasi

• Meningkatkan produktifitas karyawan

Kesuksesan sebuah organisasi untuk memenangkan kompetisi bisa dilakukan dengan cara merancang dan mengaplikasikan strategi secara tepat. Knowledge management adalah strategi unggul yang bisa diandalkan organisasi. Setiap organisasi harus bisa melakukan eksplorasi sumber daya, pengetahuan sekaligus kapabilitas yang dimiliki organisasi.
Eksploitasi dan eksplorasi yang diterapkan organisasi menerapkan dua pendekatan khusus. Pendekatan itu adalah organisasi tersebut dan anggota yang terlibat di organisasi tersebut. Cara yang diterapkan dengan mengembangkan pengetahuan secara menyeluruh sebagai pengukuran manajemen pengetahuan. Dengan begitu membantu setiap anggota guna melakukan identifikasi segala kebutuhan atas pengetahuannya. Sekaligus memberikan ruang kepada anggota guna melakukan diskusi dan melakukan perdebatan seputar manajemen pengetahuan.
Sehingga mereka bisa melakukan pengukuran atas dampak dari manajemen pengetahuan, memberikan fasilitas pengetahuan berdasarkan budaya perusahaan dan manajemen pengetahuan dipersembahkan dalam wujud database dan dokumen.
Persaingan bisnis semakin ketat, manajemen pengetahuan yang saat ini dianggap memadai bisa jadi di beberapa waktu mendatang menjadi usang atau tidak terpakai lagi. Selalu berinovasi adalah kunci agar manajemen pengetahuan bisa terus mendukung keberhasilan organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *