Tips Sukses Interview Kerja !

Proses interview kerja merupakan hal yang tidak bisa dianggap enteng oleh para job seeker. Karena tahap ini merupakan gerbang pembuka lolos atau tidaknya kamu ke perusahaan tersebut. Selain pengalaman dan keahlian, dibutuhkan beberapa tips interview agar kamu lolos wawancara kerja.

Untuk level orang yang sudah berpengalaman saja, tips wawancara seperti ini masih dibutuhkan. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali masuk ke dunia kerja. Supaya nggak salah langkah, yuk kenali tips agar sukses wawancara kerja!

DATANG TEPAT WAKTU

Alarm clock on  table with business people  in seminar room. Premium Photo

Datang lebih awal 10 sompai 15 menit adalah waktu yang tepat untuk memberikan kesan yang baik bagi perusahaan. “(Ini menunjukkan bahwa) Anda siap, Anda ingin melakukannya, dan mampu menjalankan permainan,” Akan tetapi, bila Anda datang terlampau awal, maka Anda akan memberikan kesan yang kurang baik di mata perusahaan. Pihak perusahaan akan bertanya-tanya, mengapa Anda memiliki begitu banyak waktu luang dan akhirnya mereka merasa terburu-buru.

Walau begitu, jangan lupa pula bahwa Anda tidat boleh datang terlambat saat wawancara kerja. Sebab, ini membuat pihak perusahaan tidak terkesan dan menciptakan citra buruk bagi Anda sendiri.

BERPAKAIAN RAPI

Asian businessman on blurred office . copyspace Premium Photo

Ada dua tipe berpakaian saat interview, yaitu formal dan kasual. Hal ini tentu disesuaikan dengan tipe perusahaan tempat kamu hendak menjalani interview. Misalnya, apakah perusahaan tergolong korporat yang kaku, atau perusahaan startup yang santai. Meski begitu, kunci dari keduanya adalah berpakaian dengan rapih, tidak kusam, atau bahkan asal-asalan. Sekalipun perusahaan tersebut adalah perusahaan startup yang santai, pastikan kamu memberikan kesan yang baik dengan memilih tipe pakaian seperti smart casual atau semi formal.

PAHAMI ENTITAS DAN INFORMASI TENTANG PERUSAHAAN

Double exposure image of business and finance Premium Photo

Kamu bisa mencari informasi tentang perusahaan di mesin pencari, situs resmi perusahaan atau sosial media perusahaan. Kamu bisa menemukan beberapa informasi penting seputar visi dan misi perusahaan serta produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Informasi yang kamu dapatkan tersebut akan sangat membantu ketika ada pertanyaan seputar perusahaan yang ditanyakan saat wawancara. Dengan jawaban yang balk maka rekruter bisa menilai bahwa kamu benar-benar telah mempersiapkan diri untuk wawancara. Selain itu, informasi yang kamu dapatkan bisa menjadi acuan untuk pertanyaan ketika sesi terakhir wawancara karena pada pada umumnya rekruter akan meminta kamu bertanya kepada mereka.

BODY LANGUAGE DAN ATTITUDE

Agar mantap menghadapi wawancara kerja, persiapan utama yang umum dilakukan seorang kandidat adalah memprediksi pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara, kemudian berlatih menjawabnya. Informasi mengenai kisi-kisi pertanyaan wawancara ini tentunya bisa ditemukan di situs Jobplanet. Akan tetapi, terlalu fokus memberi jawaban yang memuaskan sering kali membuat kandidat lupa akan hal lain yang juga tak luput dari penilaian perusahaan, yakni bahasa tubuh. Tanpa disadari, sekecil apapun bahasa tubuh yang Anda tunjukkan mengandung arti tertentu yang bisa memengaruhi peluang Anda untuk diterima bekerja.

CV YANG MENARIK

Business situation, job interview concept. job seeker present resume to managers. Free Photo

CV merupakan salah satu hal paling penting saat melamar pekerjaan karena biasanya perusahaan akan mengevaluasi dan menilai kandidat calon karyawan melalui CV yang diberikannya. Untuk itu anda harus mampu membuat CV surat lamaran kerja yang menarik dan menggambarkan diri anda secara singkat agar perusahaan melirik lamaran kerja yang telah anda buat. Agar CV dinilai baik oleh perusahaan, dibutuhkan keunikan dan ketelitian dalam membuat CV yang menarik. Pastikan juga CV surat lamaran kerja yang anda buat berisi dengan informasi diri secara spesifik sesuai dengan perusahaan yang akan dilamar. Kebanyakan orang menggunakan contoh CV surat lamaran kerja yang digunakan untuk melamar kerja di banyak perusahaan, hal itu membuat CV menjadi tidak menarik dan kurang disukai oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Gimana? Kamu sudah siap mencoba wawancara kerja setelah membaca tips di atas? Semangat!

Terimakasih telah mengunjungi blog kami di Magnet Solusi Integra.

One thought on “Tips Sukses Interview Kerja !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *