Pelatihan & Sertifikasi Public Speaking : How To Achieve Success

Berbicara di depan umum atau lebih dikenal dengan public speaking, merupakan keterampilan yang memberikan dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan. Baik dalam dunia profesional, akademis maupun sosial. Kemampuan berbicara dengan percaya diri dan efektif akan memukau banyak orang dan membawa kita pada kesuksesan. Walaupun tak mudah, kemampuan tersebut bukanlah warisan dari lahir sehingga masih bisa dilatih asal kita memiliki tekad. Salah satu medianya melalui pelatihan dan sertifikasi public speaking.

Mengapa Kemampuan Public Speaking Penting?

Kemampuan menyampaikan gagasan secara jelas dan persuasif akan membantu dalam berkomunikasi lebih efektif, tidak hanya dalam presentasi formal, tetapi juga dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, mereka yang ahli dalam public speaking memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, memotivasi dan menginspirasi orang lain. Kemampuan semacam ini tentu aka bermanfaat bagi karier individu dan perusahaan/organisasi.

Mengembangkan Kemampuan Public Speaking

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengembangkan kemampuan public speaking. Pertama tentu saja kita harus melakukan persiapan mendalam mengenai topik/materi yang akan disampaikan. Kedua, melakukan latihan berulang kali dengan memperhatikan vocal dan gesture. Keempat, jangan lupa untuk berlatih interaksi dengan audiens. Terakhir jangan lupa untuk merekan dan melakukan evaluasi dari proses latihan yang telah dilakukan.

Mengikuti Pelatihan Public Speaking melalui Lembaga Pelatihan Profesional

Berbicara di depan umum, terlihat mudah namun tak sedikit juga yang tidak bisa melakukannya. Mulai dari rasa gugup yang berlebihan, keringat yang bercucuran, sampai tidak bisa berkata-kata di hadapan banyak orang. Berlatih secara mandiri memang bisa dilakukan, namun tak ada salahnya mendapatkan bimbingan dari orang yang sudah ahli di bidangnya. Dengan bimbingan yang tepat, kita bisa mendapatkan penilai objektif atas kemampuan yang kita miliki. Kita jadi tahu di mana letak kekurangan kita dan apa yang harus diperbaiki.

Memilih lembaga pelatihan yang profesional menjadi langkah penting, jika kita ingin melatih skill berbicara di depan umum secara terstruktur dan terukur. Di luar sana banyak sekali lembaga yang menawarkan pelatihan public speaking. Yang perlu diperhatikan dalam memilih adalah: 1) Memiliki ijin resmi, salah satu output yang diharapkan dalam pelatihan selain pegembangan skill, adalah sertifikat. Pastikan lembaga yang kamu pilih resmi sehingga sertifikat yang dikeluarkan juga diakui; 2) Track record, pastikan bahwa lembaga tersebut memang memiliki track record yang baik dalam menyelenggarakan pelatihan; 3) Materi/Unit Kompetensi, jangan ragu untuk menanyakan detail unit kompetensi yang akan dipelajari, pastikan unit kompetensi tersebut mewakili kemampuan public speaking yang ingin dimiliki; 4) Fasilitas pembelajaran yang memadai, jangan ragu untuk bertanya fasilitas yang akan didapatkan ketika mengikuti pelatihan.

Meningkatkan Percaya Diri dan Value melalui Sertifikasi

Sayang jika kemampuan public speaking tidak mendapatkan pengakuan secara resmi. Step terakhir untuk mendapat keberhasilan dalam berbagai kehidupan adalah dengan mengikuti sertifikasi public speaking. Dengan mengikuti sertifikasi, kemampuan kita akan diakui secara nasional dan tentuny bisa meningkatkan kepercayaan diri dan value yang kita miliki.

Magnet Solusi Integra sebagai lembaga pelatihan profesional telah membuka skema public speaking yang bisa Anda ikuti, baik untuk program pelatihan maupun sertifikasinya. Dosen Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yudhy Widya Kusumo menjadi salah satu peserta pada pelatihan perdana public speaking di MSI. Yudhy mengatakan bahwa pelatihan dari PT Magnet Solusi Integra membuatnya semakin percaya diri dan semakin tahu aturan-aturan membawakan acara yang lebih baik.

Mengikuti pelatihan yang sama dengan Yudhy, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan UPN “Veteran” Yogyakarta, Dra. Siti Fatonah, MSi mengaku sangat terbantu dalam profesinya dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi public speaking di MSI.

“Sangat profesional & menyenangkan dalam pelatihan, sehingga saya memahami betapa pentingnya sertifikasi untuk saya”, ujar Dosen mata kuliah public speaking tersebut.